Bagaimana Menang dalam Negosiasi

bagaimana menang dalam negosiasi
kemauan dan komitmen

Bagaimana menang dalam Negosiasi

Setiap orang pasti ingin menang dalam negosiasi dengan tujuan agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan harga yang terbaik, namun sebelum kita menjelaskan tipsnya, ada baiknya kita persamakan persepsi dulu mengenai menang dalam negosiasi.

Menang dalam negosiasi bukan berarti menipu, mencurangi, membuat orang lain kalah sementara kita menang. Menang dalam negosiasi adalah berarti mendapatkan apa yang kita inginkan dengan hasil dan nilai yang terbaik sementara di sisi lawan mendapatkan hasil yang ia inginkan pula dengan kualitas dan nilai yang baik. Karena kita ingin kemitraan kita dengan orang lain tetap terjaga bukan ?

Contoh yang Win-Win bagaimana ?

  • Ketika anda membeli barang, Anda mendapatkan harga yang sebenarnya dan penjual tidak dirugikan
  • Anda mendapatkan yang paling anda butuhkan, Lawan anda juga mendapatkan yang ia butuhkan (Contoh: Anda mendapatkan daging kelapa, Lawan anda mendapatkan Batok kelapa yang ia butuhkan)
  • Pembagian yang adil dan tidak merugikan kedua pihak

Nah dengan cara ini, 90% anda akan selalu memenangkan setiap negosiasi

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Jangan pernah menyebutkan harga di awal (Ketika anda menyebutkan harga di awal, maka besar kemungkinan anda akan kalah) sebaliknya, mintalah mereka untuk menyebutkan harga penawaran
  2. Jangan pernah sebutkan angka dan lebih banyaklah diam (berikan waktu lebih untuk mereka berbicara terlebih ketika membicarakan harga)
  3. Mintalah harga terbaik (Anda tidak disarankan menyebutkan angka, anda hanya bisa mengatakan “Berapa harga terbaik yang bisa diberikan” terus katakan itu sampai mereka menurunkan harga, lalu minta harga terbaik yang mereka bisa berikan sampai mereka menurunkan lagi, terus lakukan langkah ini sampai anda rasa pas .
  4. Yang berbicara terakhir adalah pemenang, ketika anda mendapatkan penawaran terakhir yang anda rasa cukup pas, barulah lakukan negosiasi dengan menyebutkan harga yang lebih rendah lagi, jangan ragu menyebutkan harga yang tidak wajar. Kita ingin tahu apakah anda sudah mendapatkan harga yang benar
  5. Minta titik tengah, Jika memungkinkan mintalah harga tengah antara penawaran anda dengan penawaran mereka, sebagai contoh penawaran anda Rp.100.000, penawaran mereka Rp.200.000,- , ada selisih Rp.100.000 di antaranya, katakanlah, Ya sudah ambil titik tengah, bahwa anda mengalah Rp.50.000,- , mereka mengalah RP.50.000,- , Minta harganya menjadi Rp.150.000,-, . Sampai titik ini, biasanya anda sudah mendapatkan harga jauh lebih murah dari harga target awal anda, Mungkin mereka telah memberikan harga terbaik, jangan tawar lagi
  6. Ucapkan Terima Kasih, Puji mereka bahwa mereka adalah negosiator yang hebat, Ucapkan terima kasih.

Sekian sahabat, semoga tips kali ini menghindari sahabat-sahabat sekalian dari tindakan yang merugikan.

Share Be Happy
Salam Sukses, sedini mungkin!