Buat Janji Untuk Bertemu

Buat Janji untuk Bertebuat janjimu

Setelah daftar nama dibuat dan disortir langkah selanjutnya adalah menghubungi satu persatu daftar nama yang telah disortir tersebut untuk membuat janji ketemu. Bagaimana cara membuat janji..?

Membuat janji itu sangat mudah…Mudah sekali buat mereka yang sudah terbiasa melakukannya. Setiap orang sudah biasa untuk membuat janji. Janjian dengan teman, janjian dengan rekan sekantor, janjian dengan klien, janjian dengan anak atau orang tua. jadi, membuat janji itu mudah. hanya perlu dilakukan persiapan. Persiapan begitu penting karena langkah membuat janji adalah langkah awal ibarat mobil harus di STARTER , secanggih apapun mobil tidak akan jalan tanpa diawali dengan starter, Untuk memulai bisnis in4link juga harus diawali dengan starter yaitu membuat janji atau mengundang,

Untuk mulai bertemu dengan prospek. bagi yang belum pernah membuat janji untuk bisnis network marketing atau belum biasa; kerap kali terjadi kekeliruan di awal. Karena:

  1. GROGI. INI HAL YANG BIASA…karena baru pertama kali melakukan. Tetapi jika sudah terbiasa hal ini akan hilang dengan sendirinya.
  2. TAKUT, biasanya ini terjadi karena takut ditanya macam-macam, nanti jawabnya apa ya..? hmm.. seringkali pemikiran manusia melampaui banyak hal yang membuat takut atau khawatir. Kenyataanya tidak terjadi.

Jika ditanya mengapa mau bertemu? Jawab saja, nanti saya jelaskan saat bertemu. Karena penting maka saya tidak bisa menjelaskan melalu telepon. (titik) pembicaraan sampai di sana.

Oleh karena itu didalam kita melakukan Action ini kita harus memiliki sikap:

  • Sikap mau diajar (Teacheable). 

Ingat prinsip 2-1, 2 telinga dan 2 mata tetapi 1 mulut. hal ini melihatkan sebelum kita bicara hendaknya kita memperhatikan dan mendengar apa yang dilakukan dan diajarkan oleh rekan senior.

  • Proaktif & Selalu Berpikir Positif,

Mengundang untuk memberi rejeki. pasti orang yang saya ajak bertemu..mau menyambut dengan baik….berkali-kali masukkan kata2 itu ke otak kita.  karena, kalau sikap kita positif maka tindakan dan kata2 yang kita keluarkan akan positif pula dan yang penting hasilnya pasti positif.

  • Bangga.
    Sebelum beraksi Anda harus yakinkan diri anda bahwa apa yang akan disampaikan sangat bagus, banyak manfaatnya dan dapat menolong prospek anda dari masalah keuangan dihari tua dan pensiun nanti.

Hidup ini tidak hanya dipenuhi dengan uang, makanan jasmani tetapi juga makanan jiwa.Jika kita bisa berarti buat orang lain kita dihargai, dianggap berjasa…inilah yang disebut dengan makanan jiwa.

Membuat janji bisa dilakukan melalui 2 cara:

  • Melalui telepon
  • Bertemu langsung untuk membuat janji guna pertemuan berikutnya.

Tempat bertemu bisa dilakukan di mana saja, kafe, kantor, rumah dan lain-lain. Dan yang perlu diingat, membuat janji untuk bertemu dengan prospek yang paling mudah adalah menemui prospek di rumah. Mengapa? Karena mereka tidak perlu menyediakan waktu untuk persiapan dan melakukan perjalanan untuk sebuah pertemuan. Tetapi untuk di kota besar/metropolitan dengan kemacetan..bisa jadi saat yang paling tepat adalah justru saat

lepas jam kantor dan saat menunggu kemacetan reda. Untuk kasus ini, pilih tempat yang paling “sesuai”. Sesuai maksudnya enak dibuat tempat untuk melakukan pembicaraan dan sesuai dengan “kantong” jika dibutuhkan biaya untuk minum..minum kopi atau minum teh.

Membuat janji di kantor prospek, kantor Tugumandiri IN4LINK, tempat pertemuan dan tempat2 lainnya bisa dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal lain contoh: membuat janji untuk bertemu di sebuah tempat pertemuan saat acara seminar Investasi dan keuangan, kita tahu bahwa orang tua prospek sedang mencari usaha. Cocok kan…

  • Sadarilah bahwa telepon Anda bisa jadi mengganggu sang prospek. Dia mungkin sedang menghadiri meeting, sedang diskusi dengan rekan kerja/ bos/ istri/ pelanggan/ pemasok, atau dia sedang mengetik surat, mengecek email, atau sedang berpikir untuk mengatasi masalahnya. Mungkin dia sedang bersantai dan bersenang-senang. Apa pun itu,  sadarilah bahwa tidak ada orang yang sedang duduk dan menunggu telepon dari Anda! Jadi, adalah sesuatu yang normal bila prospek Anda sedang tidak mood untuk berbicara dengan Anda! Be proaktif…always positif.
  • Bila Anda menyadari poin ke-2 di atas, Anda harus meyakinkan prospek bahwa Anda meneleponnya pada waktu yang “paling tidak” mengganggunya. Kapankah itu? Semua tergantung pada profesi dan posisi dari orang yang akan  Anda telepon. Bagi kebanyakan orang, Senin pagi adalah waktu yang paling buruk karena mereka akan berada pada keadaan yang paling sibuk pada saat itu. Jadi Anda harus mencari tahu, bertanyalah atau gunakan saja akal sehat Anda untuk mengetahui kapan waktu terbaik/terburuk untuk menelepon setiap prospek yang berbeda. Bila Anda tidak  melakukan “riset” yang sederhana ini, Anda akan menghubungi prospek pada saat yang tidak tepat dan pasti akan  membuatnya merasa tidak senang untuk hanya sekadar menerima telepon Anda, dan apalagi untuk berbicara dengan  Anda. Bila dia tidak berbicara dengan Anda, dia akan berlaku tidak bersahabat, tidak senang, dan terburu-buru. Timing yang salah!

 WAKTU YANG TEPAT

Tidak ada yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk menelpon dan membuat janji dengan prospek. Karena setiap orang memiliki kegiatan dan kerepotan yang berbeda-beda.oleh karena itu, anda bisa melakukan prediksi atau perkiraan waktu yang pas.

  • Bagi kebanyakan orang, profesional atau pekerja atau pebisnis, Senin pagi adalah waktu yang paling buruk karena mereka akan berada pada keadaan yang paling sibuk pada saat itu.
  • Bagi orang kantoran..Akan lebih mudah diterima dengan baik jika telepon anda lakukan saat makan siang atau sore hari saat setelah jam kantor usai.
  • Bagi ibu rumah tangga akan sangat mudah ditelepon saat anak-anak mereka bersekolah.
  • Bagi mahasiswa akan sangat mudah membuat janji tidak pada saat ujian atau menjelang ujian.
  • Bagi pemilik toko, resto, profesi dokter…pastikan anda menelpon ke mereka saat jam-jam senggang bukan jam saat banyak pelanggan atau klien atau pasien berkunjung.

Cara membuat janji, melalui telepon sangat disarankan untuk latihan sampai terlatih..sehingga dengan lancar kita bisa membuat janji dengan tatap muka atau bertemu langsung.

JIKA MELALUI TELP:

  1. Gunakan skrip/catatan (jika masih baru dan belum terbiasa), pastikan tulisan di skrip adalah tulisan dengan huruf serta kalimat yang enak dibaca sehingga mudah diterima oleh pihak prospek.
  2. Latihlah kebiasaan PROAKTIF dan selalu positive thinking..anda tidak akan kehilangan apa yang tidak anda miliki. Ditolakpun tidak masalah, yang jadi masalah adalah jika tidak pernah ditolak (masalah besar…karena artinya anda tidak pernah mencoba!!! Dan berkhayal tanpa take action bisa mendapatkan hasil.
  3. Tidak menyebutkan Network marketing/NETWORK MARKETING, kecuali ditanya, Tidak mengatakan ini nm/Network marketing. Karena melalui telepon bukan media yang tepat untuk menjelaskan apa itu nm atau Network marketing. Pada tahap ini telepon digunaan untuk membuat janji atau mengundang.
  4. Tidak memaksa apalagi mengancam atau merengek/mengemis. Contoh Merengek/mengemis: “Bapak, ayolah pak masak tidak kasihan ke saya….-Hati2 IN4LINK adalah bisnis jika kita mengundang seseorang dengan cara merengek berarti kita tidak menganggap IN4LINK bisnis yang luar biasa. Contoh Mengancam: “Kalau bapak tidak hadir nanti saya marah, saya akan datang ke rumah bapak dengan bawa BOM”. Tujuan kita mengundang ini adalah menggunakan kata2 yang membuat mereka tertarik untuk datang bukan Memaksa.
  5. Menggunakan kata2 yang profesional, jangan gunakan kata2 presentasi, upline, downline, join dll (terlihat sekali kalau MLM), sekali lagi bukan malu tetapi karena banyak yang memiliki pandangan yang salah, sebaiknya kita gunakan kata2 yang artinya mirip…. Meeting/pertemuan-rekan kerja-bekerja sama.
  6. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya tertutup. Pertanyaan2 terbuka yang membuat prospek yang kita telp memilih alternatif pilihan “TIDAK”. Bapak mau bicara dengan Upline saya ? Bapak mau hadir di acara seminar kesehatan kita ? Saya jamin, jawabannya pasti tidak mau bicara dengan upline anda / tidak mau hadir di seminar. Termask memberikan alternatif waktu untuk bertemu. Selasa jam 18.00 atau jam 18.30. Atau selasa jam 18.00 atau rabu jam 18.00? kalau kita serahkan ke prospek maka biasanya dia akan mengatakan:”Ya sudah, nanti kalau ada waktu saya pasti akan menghubungi anda….” Dan Tidak akan dihubungi-biasanya.
  7. Mengundang blind prospek atau teman yang sudah lama tidak bertemu, jangan tiba2 nelpon langsung diundang, bisa shock teman lama kita itu ataupun blind prospek kita. Telpon 1 , 2 kali dulu utk bina hubungan, setelah itu baru diundang. Spt dulu kita pacaran itu lho, masak baru apel 1 kali, langsung ditodong kamu mau tidak jadi pacar saya.

Banyak cara untuk membuat janji dapat disesuaikan dengan siapa anda bicara dan tergantung kenyamanan anda, ada beberapa contoh yang dapat menjadi inspirasi sbb:

  • Siapa saja orang yang Anda Undang/Buat Janji

Teman Dekat/dikenal

  • Apakabar bro/sis lama nggak ketemu ya..? dan pertanyaan lainnya, ingat batasi pertanyaan paling lama 2 menit saja agar percakapan tidak melebar kemana2 fokus pada tujuan utama yaitu membuat janji untuk ketemu.
  • Ketemuan yuk, kebetulan gw ada informasi bagus nih buat Loe yg masih kerja..!
  • Jika teman anda bertanya

informasi apaan tuh..?

Jawab : Nanti lah kita ketemu dulu, gw juga pengen tau cerita loe..!

 Tetapkan waktu dan tempat janjian

Ok bro hari selasa jam 2 siang di Warkop masno tempat kita dulu kumpul gimana..? jika teman anda tidak bisa

O gitu kalo hari Sabtu ditempat & jam yang sama gimana bro/sis..? Ok

Sesuaikan kepada siapa dan latarbelakang apa anda membuat janji ketemu karena setiap orang memiliki gaya dan cara yg berbeda2.

  • Teman yang belum dikenal

Calon mitra dari kalangan yang belum sudah pasti lebih banyak, tentunya pendekatan yang dilakukan berbeda2 antara lain:

  • Calon Mitra Offline

Ada disekitar kita seperti tetangga baru, kendaraan umum, fasiltas sosial, fasilitas umum dll

Bagaimana cara pendekatannya..?

Ingat prinsip 1 – 2, setiap ketemu orang tidak dikenal

Jarak 1 meter maka dalam waktu paling lama 2 menit sudah ada percakapan pembuka.

Contoh:

  • Sekarang hujan terus ya..?
  • Supirnya agak kasar ya jalanin bisnya..?
  • Maaf jam berapa sekarang ya..? (jangan bawa jam tangan saat anda bertanya ini atau simpan didalam tas)
  • Maaf mau tanya kalau ke blokm kearah mana? atau naik bis apa? dll

Intinya kita harus mulai membuka percakapan terlebih dulu dengan pertanyaan atau pernyataan2 yang bersifat umum terjadi tentunya disesuaikan kondisi saat itu. Dan mudah untuk direspon dan dijawab

Ketika mereka orang tsb merespon dengan baik, mulailah dengan pertanyaan berikutnya, contoh:

Terimakasih ya, Mas/mbak mau kearah mana..? boleh saya ditunjukan tempat berhentinya karena saya belum terbiasa disini

Ketika mereka sudah nyaman dengan anda maka ingat lagi prisip 1-2, bicara 1 mendengar 2x nya artinya mendengar lebih banyak dari pada bicara, biatkan prospek anda lebih banyak bicara, anda jadilah pendengar yang baik.

  • Calon Mitra Online

Sekarang adalah jaman era digital, segala urusan baik masalah komunikasi, promosi, bisnis, dan banyak hal lainnya dilakukan secara elektronik, begitu juga bisnis in4link mau tidak mau harus melibatkan teknologi modern dan canggih mulai pendaftaran, penerbitan e-polis serta laporan perkembangan bisnis dan investasi.

Begitu pula dalam pengembangan bisnis in4link, para member juga diharuskan untuk melakukan komunikasi dan promosi juga melalui jalur elektronik seperti media sosial Facebook, Twitter, Google+, instagram, Whatsapp dll karena akan lebih luas jangkauan pasar dan cepat prosesnya dengan biaya yang jauh lebih efisien ketimbang cara2 yang konvensional tradisional.

Selamat menebar kebaikan In4link