Kena Virus WannaCry?

wannacryKena Virus WannaCry?

Bukankah sebagian kita kena Virus WannaCry setiap akhir bulan? Ya, ketika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Rasanya seperti WannaCry, pengen nangis. Hehehe.

Begini. Untuk sehat finansial setiap bulannya, kita harus memberangus “Latte Factor”. Apa itu?

Contoh dari Latte Factor adalah pengeluaran untuk baju baru, kosmetik terkini, majalah mode, cemilan harian, nonton mingguan, biaya parkir, biaya transaksi bank, dan sejenisnya. Remeh, tapi selalu menghabiskan uang kita.

Ini harus diatasi. Caranya?

Pertama, tanamkan gaya hidup hemat di mana prioritas diarahkan pada kebutuhan, jauh di atas keinginan. Hal ini bisa dilakoni dengan mengajukan pertanyaan sederhana, “Kalau nggak jadi beli, emangnya rugi apa?”

Kedua, tidak merasa perlu untuk ikut-ikutan gaya hidup orang-orang di sekitar kita, apalagi kalau itu tidak sesuai dengan kemampuan kita. Berani dan percaya dirilah jadi diri sendiri, tanpa harus meremehkan pilihan dan selera orang lain.

Ketiga, menanamkan budaya investasi. Pengeluaran yang ditekan sedemikian rupa membuat kita memiliki uang lebih untuk diinvestasikan secara rutin. Baiknya setiap bulan. Investasi ini tentunya akan berguna untuk segala kebutuhan di masa-masa mendatang.

Keempat, merintis bisnis sendiri. Baiknya cari produk yang bermutu dan dibutuhkan masyarakat. Ini semua akan mengurangi resiko kerugian dan kegagalan.

Kini tersedia punya bisnis dg produk yg dibutuhkan masyarakat & punya Investasi dari anak perusahaan Pertamina

Gimana? Siap praktek?